Tuesday, September 11, 2012

Pemilih Kiri di Belanda bersikap lebih sosial daripada pemilih sayap kanan


Foto: poster GOLPUT - Amsterdam, 10 September 2012

Dalam rangka pemilu parlemen di Belanda tgl 12 September besok,  seorang ekonom dari Universitas Mastrich, bernama Dr. Paul Smith, meneliti perilaku pemberi suara pemilu, dan menyimpulkan bahwa pemilih golongan "kiri" berprilaku lebih sosial dari pada para pemilih partai sayap kanan.

Penelitian Dr. paul Smith itu mengarah pada pilihan politik partai di pemilu tahun 2010, dengan mengukur skala preferensi pandangan politik mereka. Menurut beliau sebelumnya belom pernah ada penelitian dari ilmuwan Belanda, yang memiliki interes untuk menguji hubungan antara orientasi politik dan perilaku sosial pemberi suara pemilu.  Ia mengambil dataset peserta dalam kumpulan kategori sebanyak 3000 investor swasta.

Dari hasil pendekatan penelitian terhadap 3000 peserta itu, pemilih partai kristen reformis SGP memiliki pandangan politik paling kanan, kemudian urutan selanjutnya sebagai orang kanan adalah partai liberal, VVD dan PVV -  Wilder. Partai buruh (PvdA) dan Partai hijau (Groen Links) menilai dirinya berpandangan paling "Kiri", sedang pemilih partai sosialis menyebut dirinya sbg orang "kiri". Singkat kata, ada 32, 5 % dari 3000 peserta menyebut dirinya sebagai "Orang Kiri" dan 67,5% beraliran "kanan".

Menurut Smith, hasil penelitian di Amerika menunjukkan pemilih Partai Republik lebih cenderung berperilaku berburu harta demi kepentingan pribadinya dibanding pemilih partai demokrat.  Untuk menilai perilaku sosial yang cukup obyektif di Belanda, Dr. Smith menggunakan indikator sebagai berikut: berapa banyak orang yang beramal? Ada dua kategori bagi orang yang mendaftar sebagai donatur , yaitu terdaftar sebagai donor organ dan yang menjadi sukarelawan. Hasilnya menunjukkan bahwa 22 persen pemilih partai hijau memilih investasi di sektor ekosistem, sedangkan pemilih partai Liberal VVD hanya 9 persen. Dalam daftar angket penelitian, jumlah pemilih partai "kiri"  56 persen sebagai donor organ, dan pemilih sayap kanan 45 persen.
 


 Sumber: http://www.blikopnieuws.nl/bericht/149354/Linkse_kiezers_gedragen_zich_socialer_dan_rechtse_kiezers.html

MiRa - Amsterdam, 11 September 2012

No comments:

Post a Comment